Persiapan Memulai Bisnis Pulsa Dengan Membuka Konter

Persiapan apa saja yang harus dilakukan dan dilengkapi jika ingin bisnis jualan pulsa dengan membuka konter pulsa / toko / outlet. Berikut hal yang harus diperhatikan sebelum membuka konter agar bisnis berjalan lancar dan laris.

1. Siapkan Etalase dan Perlengkapan Lainnya
Saat Anda memutuskan untuk menjalankan bisnis pulsa dan aksesoris HP maka hal pertama yang wajib dipersiapkan adalah etalase sebagai tempat untuk memajang produk. Lah pulsa kok dipajang? Beberapa barang yang dipajang bukan pulsanya namun benda lain seperti voucher, aksesoris HP dan lainnya.

Harga untuk satu etalase HP cukup bervariasi ya mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Pembelian ini belum termasuk dengan aksesoris HP dan perlengkapan jalan pulsa elektrik lainnya. Modal membuka konter bisa Anda sesuaikan dengan anggaran yang dimiliki kok. Anda juga bisa memilih aksesoris untuk ponsel yang banyak dipakai masyarakat saja.

2. Tetapkan Lokasi Usaha Konter Jual Pulsa
Lokasi yang tepat untuk bisnis konter pulsa elektrik serta beberapa aksesoris HP adalah tempat strategis dan mudah dijangkau oleh banyak orang dari berbagai macam arah. Hal ini nantinya akan menjadi penentu dari usaha distributor pulsa Anda.

Contohnya begini, Anda berjualan di pusat keramaian dimana tempat tersebut banyak dilintasi orang atau calon konsumen. Beberapa tempat tersebut seperti pinggir jalan raya, dekat pasar, sekolah, pesantren, pabrik maupun terminal. Ketika usaha Anda mudah dijangkau pasti orang akan lebih memilih beli pulsa di tempat jualan Anda.

Hal ini bisa Anda sesuaikan dengan modal yang dimiliki. Jika modal yang dimiliki masih belum memadai untuk menyewa tempat maka Anda bisa memulai usaha jual pulsa di rumah terlebih dahulu atau secara online. Dengan demikian komponen untuk biaya sewa gedung bisa Anda hemat.

3. Cari Pemasok / Suplier Pulsa
Setelah menetapkan lokasi. Maka langkah yang harus Anda lakukan selanjutnya yaitu mencari pemasok atau supplier pulsa. Ada cukup banyak pemasok maupun agen pulsa lengkap dengan aksesoris HP yang bisa Anda ajak untuk menjalin kerja sama agar saling menguntungkan.

Namun pastikan lebih dulu jika Anda telah memilih pemasok pulsa serta perlengkapan HP yang bisa dipercaya, memiliki harga jual termurah, menjual barang berkualitas, dan lainnya.

Beberapa jenis barang yang harus Anda penuhi sebagai distributor pulsa antara lain adalah meliputi voucher pulsa, voucher paket data, kartu perdana, pulsa elektrik untuk M-Kios semua operator, voucher untuk game online, headset, transaksi PPOB, pulsa untuk token listrik, casing HP, dan baterai ponsel.

4. Cari Suplier Yang Harga Murah Tapi Tidak Murahan
Di tengah-tengah persaingan bisnis yang semakin tinggi pada bisnis jualan pulsa elektrik atau aksesoris HP kalian memerlukan beberapa upaya yang nantinya bisa digunakan untuk memenangkan persaingan tersebut. Salah satu langkah yang bisa dilakukan adalah dengan menawarkan harga pulsa murah namun masih dalam batas yang masih wajar.

Pulsa dengan harga murah untuk menarik perhatian banyak orang supaya membeli pada tempat Anda. Nah agar kalian bisa mendapatkan harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan para pesaing yang ada, belilah pada supplier atau distributor pusat langsung. Meskipun keuntungan per transaksi dikatakan kecil, namun banyaknya kuantitas penjualan yang tinggi akan mendatangkan keuntungan yang besar.

5. Berikan Pelayanan Yang Ramah & Cepat
Meskipun Anda menawarkan harga yang murah, bukan berarti pembeli bisa tetap loyal ya. Pembeli bisa tetap loyal apabila harga pulsa murah juga didukung dengan pelayanan yang cepat dan prima.

Misalnya seorang konsumen ingin untuk mengisi pulsa, kalian bisa memberikan pelayanan terbaik hanya dalam beberapa detik saja. Ini adalah salah satu jenis pelayanan terbaik yang bisa Anda berikan kepada konsumen sebagai distributor pulsa.

Ya, tujuan dari pelayanan yang cepat adalah menarik para pelanggan untuk menjadi pelanggan tetap atau loyal. Pelayanan yang prima dapat menjadi pembeda dan juga nilai tambah bagi usaha Anda dari pada usaha kompetitor lainnya.

6. Pahami Trend Pasar
Bisnis jualan pulsa elektrik serta aksesoris HP sama dengan usaha pada umumnya yaitu membutuhkan berbagai perencanaan yang matang. Misalnya toko Anda harus peka pada perkembangan tren. Tren di sini akan berubah seiring dengan berjalannya waktu.

Ada kalanya konter akan ramai dengan aksesori HP tertentu dan ada saatnya pulsa popularitas dari HP tersebut menurun dan digantikan dengan jenis terbaru. Agar bisa memenuhi pasar maka Anda harus mengikuti trend yang ada. Bergerak aktif dan berikan yang terbaik untuk para pelanggan.

Jangan sampai Anda menjadi agen pulsa murah sekaligus konter yang menjual ketinggalan zaman, dan pada akhirnya tidak ada lagi peminatnya. Meskipun demikian Anda tidak perlu merasa khawatir sebab ada produk aksesoris tertentu yang tidak mengenal tren masa seperti baterai, charger dan lainnya.

7. Lengkapi Produk Konter Anda
Selain jual produk aksesoris untuk HP yang harus selalu mengikuti tren saat ini, Anda pun wajib menyediakan beberapa jenis produk tersebut secara lengkap. Contohnya, baterai HP Anda tidak menjual satu jenis baterai saja mengingat tipe HP ada banyak sekali dan baterai juga dikemas dalam berbagai merek.

Langkah kali ini bertujuan untuk menciptakan citra baik tentang usaha distributor pulsa dan aksesoris HP di mata masyarakat. Para pelanggan akan beranggapan bahwa konter Anda adalah toko yang layak untuk didatangi siapa saja dengan keperluan aksesoris HP atau pulsa elektrik.

8. Perhatikan Manajemen Stok Barang
Meskipun produk aksesoris adalah jenis produk tidak mudah basi seperti makanan, Anda tetap harus menyediakan stok barang dengan jumlah sedikit saja. Menjual barang dengan jumlah yang besar sangat tidak disarankan. Pasalnya, stok barang terlalu banyak dapat memakan cukup banyak modal Anda, sehingga nantinya modal pun bisa “macet” hanya untuk stok beberapa produk tertentu saja.

Sebaiknya sediakan produk dengan jumlah yang tidak terlalu besar, namun tetap bervariasi. Cara satu ini akan mempermudah konsumen untuk memperoleh lebih banyak opsi. Selain itu modal Anda tidak “macet” pada beberapa jenis produk saja. Oleh sebab itu, Anda wajib membeli produk aksesoris beraneka macam sesuai kebutuhan.

9. Perhatikan Modal
Bisnis distributor pulsa dan konter mungkin terlihat sangat sepele ya, namun produk aksesoris HP justru akan memakan modal dalam jumlah porsi yang besar dari pada modal pulsa. Agar jumlah serta penggunaan modal bisnis Anda dapat berjalan dengan baik serta seimbang Anda wajib memperhatikan kondisi permodalan.

Anda perlu memisahkan dua modal yang ada yaitu modal pulsa sendiri dan modal aksesoris sendiri. Pasalnya, pelanggan yang membeli pulsa terkadang tidak membeli aksesoris, begitu sebaliknya.

10. Buka Toko Online
Agar bisa mendongkrak penjualan dan meningkatkan omzet bisnis konter dan distributor pulsa Anda perlu mengembangkannya dengan berjualan secara online. Ada beberapa jenis marketplace yang bisa dimanfaatkan seperti Blibli, BukaLapak, Shopee, Tokopedia dan lainnya. Nah Anda bisa memanfaatkan beberapa marketplace tersebut untuk memasarkan barang yang dijual.

Selain itu Anda pun bisa membuka toko online sendiri melalui sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram dan lainnya. Langkah satu ini nyatanya sudah memberikan beberapa bukti tambahan konsumen dan keuntungan. Pelanggan Anda bukan lagi orang sekitaran toko saja, namun semua di berbagai penjuru.

11. Promosi Usaha
Awal-awal usaha pada umumnya akan memberikan penghasilan per pulsa sesuai dengan yang Anda harapkan. Namun seiring dengan waktu berjalan, keuntungan tersebut akan semakin meningkat atau menurun itu bergantung dengan promosi yang Anda lakukan sebagai distributor pulsa. Semakin baik dan gencar promosi yang dilakukan maka akan semakin meningkat penghasilan yang akan diperoleh.

Promosi adalah salah satu penentu dari kelangsungan bisnis Anda ke depannya. Terlebih lagi jika bisnis tersebut dijalankan di rumah, maka pastikan jika promosi usaha telah dilakukan dengan baik agar orang-orang dan calon pelanggan tau keberadaan dari bisnis atau usaha Anda.

Promosi dapat Anda lakukan secara online ataupun offline. Contoh promosi lewat online adalah memasang gambar promo dan status pada Facebook maupun sosial media lainnya. Anda juga bisa memasang spanduk, brosur atau banner di media massa.

Menjadi agen pulsa murah memberikan keuntungan yang cukup banyak bukan? Kini Anda juga bisa menjalankan bisnis tersebut diiring membuka konter aksesoris. Jadi satu dayung dua pulau terpenuhi. Harga yang Anda tawarkan juga bisa bersaing jika memilih supplier pulsa paling murah.

Baca : Keuntungan Bisnis Jual Pulsa Elektrik